MAKALAH TUMBUH KEMBANG ANAK
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Dalam
kehidupan anak ada dua proses yang beroperasi secara kontinu, yaitu pertumbuhan
dan perkembangan. Banyak orang yang menggunakan istilah “pertumbuhan” dan
“perkembangan” secara bergantian. Kedua proses ini berlangsung secara
interdependensi, artinya saling bergantung satu sama lain.
Kedua
proses ini tidak bisa dipisahkan dalam bentuk-bentuk yang secara pilah berdiri
sendiri-sendiri; akan tetapi bias dibedakan untuk maksud lebih memperjelas
penggunaannya. Dalam hal ini kedua proses tersebut memiliki
tahapan-tahapan diantaranya tahap secara moral dan spiritual. Karena
pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dilihat dari tahapan tersebut
memiliki kesinambungan yang begitu erat dan penting untuk dibahas maka kita meguraikannya
dalam bentuk struktur yang jelas baik dari segi teori sampai kaitannya dengan
pengaruh yang ditimbulkan.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat
dirumuskan masalah sebagai berikut :
1. Apa
yang yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan?
2. Apa
saja pertumbuhan dan perkembangan masa konsepsi sampai remaja?
1.3 Tujuan
1.
Untuk memenuhi tugas Ilmu Keperawatan
Dasar 1 tentang Pertumbuhan dan perkembangan masa konsepsi sampai remaja.
2.
Untuk mengetahui pertumbuhan dan
perkembangan masa konsepsi sampai remaja.
1.4 Manfaat
1. Bagi
Penulis
Menambah wawasan pengetahuan Ilmu
Keperawatan Dasar 1 tentang Pertumbuhan dan perkembangan masa konsepsi sampai
remaja.
2. Bagi Pembaca
Memberikan wawasan tentang Pertumbuhan dan
perkembangan masa konsepsi sampai remaja. Serta dapat menambah dan meningkatkan wawasan pengetahuan khususnya
di bidang Ilmu Keperawatan Dasar 1.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pertumbuhan dan
Perkembangan
2.1.1. Pengertian Pertumbuhan
Pertumbuhan (growth) merupakan peningkatan
jumlah dan besar sel diseluruh bagian tubuh selama sel-sel tersebut membelah
diri dan menyintesis protein-protein baru. Menghasilkan penambahan jumlah berat
secara keseluruhan atau sebagian.
Pertumbuhan adalah perubahan secara
fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang
berlangsung secara normal pada anak yang sehat pada waktu yang normal.
Pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses transmisi dari konstitusi fisik
(keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah ) yang herediter dalam bentuk proses
aktif secara berkesinambungan. Jadi, pertumbuhan berkaitan dengan perubahan
kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis.
2.1.2. Pengertian Perkembangan
Perkembangan
(development), adalah perubahan secara berangsur-angsur dan bertambah sempurnanya fungsi
alat tubuh, meningkat dan meluasnya kapasitas seseorang melalui pertumbuhan,
kematangan, atau kedewasaan, dan pembelajaran. (wong, 2000).
Secara umum konsep perkembangan
dikemukakan oleh Werner (1957) bahwa perkembangan berjalan dengan prinsip
orthogenetis, perkembangan berlangsung dari keadaan global dan kurang
berdiferensiasi sampai ke keadaan di mana diferensiasi, artikulasi, dan
integrasi meningkat secara bertahap. Proses diferensiasi diartikan sebagai
prinsip totalitas pada diri anak. Dari penghayatan totalitas itu lambant laun
bagian- bagiannya akan menjadi semakin nyata dan tambah jelas dalam rangka
keseluruhan.
2.2 Tahapan Tumbuh Kembang
Tahap tumbuh kembang anak secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu :
- Tahap tumbuh kembang usia 0-6 tahun, terbagi atas :
Ø Masa
Pranatal mulai masa embrio (mulai konsepsi-8 minggu), masa fetus (9 minggu
sampai lahir),
Ø Masa
Pascanatal mulai dari masa neonatus (0-28 hari), masa bayi (29 hari-1 tahun),
masa anak (1-2 tahun), dan masa prasekolah (3-6 tahun).
- Tahap tumbuh kembang usia 6 tahun keatas, terdiri atas
Ø Masa
Sekolah (6-12 tahun)
Ø Masa
Remaja (12-18 tahun)
TAHAP
TUMBUH KEMBANG USIA 0-6 TAHUN
- Masa Pranatal
Masa pranatal (saat
dalam kandungan) adalah waktu yang terletak antara masa pembuahan dan masa
kelahiran. Pada saat ini terjadi pertumbuhan yang luar biasa dari satu sel
menjadi satu organisme yang lengkap dengan otak dan kemampuan berperilaku,
dihasilkan dalam waktu Iebih kurang sembilan bulan.
Masa pranatal terdiri
atas dua fase yaitu :
a.
Fase Embrio.
b.
Fase Fetus.
2.
Masa Pascanatal
Tumbuh kembang pada masa pascanatal dibagi ke dalam beberapa fase berikut
:
A. Masa Neonatus (0-28 hari)
Tumbuh
kembang masa pascanatal diawali dengan masa neonatus, yaitu dimana terjadinya
kehidupan yang baru. Pada masa ini terjadi proses adaptasi semua sistem organ
tubuh, dimulai dari aktifitas pernafasan, pertukaran gas dengan frekuensi
pernapasan antara 35-50 kali permenit, penyesuaian denyut jantung antara
120-160 kali permenit, perubahan ukuran jantung menjadi lebih besar di
bandingkan dengan rongga dada, kemudian gerakan bayi mulai meningkat untuk
memenuhi kebutuhan gizi.
B.
Masa Bayi (29 hari – 1 tahun)
Pada
masa bayi, tahap tumbuh kembang dapat dikelompokkan menjadi 3 tahap yaitu :
Ø Usia
1-4 bulan, tumbuh
kembang pada tahap ini diawali dengan perubahan berat badan. Bila gizi anak
baik, maka perkiraan berat badan akan mencapai 700-1000 g/bulan. Pertumbuhan
tinggi badan agak stabil, tidak mengalami kecepatan dalam pertumbuhan tinggi
badan.
Ø Usia 4-8 bulan, pertumbuhan pada usia ini ditandai dengan perubahan berat benda pada
waktu lahir. Rata-rata kenaikan berat benda adalah 500-600 g/bulan, apabila
mendapatkan gizi yang baik. Sedangkan pertumbuhan tinggi badan tidak
mengalamikecepatan dan stabil berdasarkan pertambahan umur.
Ø Usia 8-12
bulan, pada usia ini pertumbuhan berat badan dapat mencapai tiga kali berat
badan lahir, pertambahan berat badan perbulan sekitar 350-450 gram pada usia
7-9 bulan, 250-350 gram pada usia 10-12 bulan, bila memperoleh gizi baik.
Pertumbuhan tinggi badan sekitar 1,5 kali tinggi badan pada saat lahir. Pada
usia 1 tahun, pertambahan tinggi badan masih stabil dan diperkirakan mencapai
75 cm.
C.
Masa Anak (1-2 tahun)
Pada masa ini, anak akan mengalami
beberapa perlambatan dalam pertumbuhan fisik. Pada tahun kedua, anak hanya
mengalami kenaikan berat badan sekitar 1,5 – 2,5 kg dan penambahan tinggi badan
6-10 cm. Pertumbuhan otak juga akan mengalami perlambatan, kenaikan lingkar
kepala hanya 2 cm. untuk pertumbuhan gigi, terdapat tambahan 8 buah gigi susu,
termasuk gigi geraham pertama dan gigi taring, sehingga seluruhnya berjumlah
14-16 buah. Pada usia 2 tahun, pertumbuhan fisik berat badan sudah mencapai 4x
berat badan lahir dan tinggi badan sudah mencapai 50 persen tinggi badan orang
dewasa. Menginjak usia 3 tahun, rata-rata berat badan naik menjadi 2-3
kg/tahun, tinggi badan naik 6-8 cm/tahun, dan lingkar kepala menjadi sekitar 50
cm.
D.
Masa Prasekolah (3-6 tahun)
Pada
masa prasekolah, berat badan mengalami kenaikan rata-rata 2kg/tahun. Tubuh anak
terlihat kurus, akan tetapi aktivitas motorik tinggi dan sistem tubuh mencapai
kematangan dalam hal berjalan, melompat, dan lain-lain. Tinggi badan bertambah
rata-rata 6,75 – 7,5 cm setiap tahun.
Pada
masa ini anak mengalami proses perubahan pola bakan, umumnya mengalami
kesulitan untuk makan. Anak juga mulai menunjukkan kemandirian pada proses
eliminasi.
TAHAP
TUMBUH KEMBANG USIA 6 TAHUN KEATAS
A.
Masa Sekolah (6-12 tahun)
Fase perkembangan yang berlangsung sejak
kira-kira umur 6 sampai 12 tahun, sama dengan masa usia Sekolah Dasar.
Anak-anak menguasai keterampilan-keterampilan dasar membaca, menulis dan
berhitung. Secara formal mereka mulai memastiki dunia yang lebih luas dengan
budayanya. Pencapaian prestasi menjadi arah perhatian pada dunia anak, dan
pengendalian diri sendiri bertambah pula.
B.
Masa Remaja (12-18 tahun)
Pada
masa remaja ini banyak dijumpai masalah, karena masa ini merupakan proses
menuju kedewasaan dan anak ingin mencoba mandiri. Masalah yang sering dijumpai
adalah perubahan bentuk tubuh.
Perkembangan khusus yang terjadi pada masa
ini adalah kematangan identitas seksual yang ditandai dengan
perkembangan organ reproduksi. Masa ini merupakan masa krisis identitas dimana
anak memasuki proses pendewasaan dan meninggalkan masa anak-anak, sehingga
membutuhkan bantuan dari orang tua.
2.3 Pertumbuhan dan perkembangan
masa konsepsi sampai remaja.
I. Pertumbuhan dan perkembangan embrio manusia
dalam kandungan
Usia
|
Ciri-ciri
|
1 bulan
(4 minggu)
|
Bagian
kepala, jantung, dan hati mulai terbentuk; sistem pencernaan sebagai suatu
saluran sederhana; ada sebuah ekor yang khas; jaringan-jaringan ekstra
embrionik mulai muncul.
|
2 bulan
(8 minggu)
|
Telinga, mata, jari-jari, mulut, hidung, dan tumit
merupakan bentuk-bentuk tersendiri; tulang mulai dibentuk, sistem pencernaan
terbentuk; sistem saraf dan sistem sirkuler mulai berfungsi; adanya alat
kelamin luar, tetapi belum dapat dibedakan jenis kelaminnya.
|
3 bulan
(12 minggu)
|
Ginjal,
hati, tangan, lengan, tungkai, kaki, dan sistem pencernaan telah berkembang
baik; alat kelamin luar antara pria dan wanita mulai dapat dibedakan;
paru-paru mulai jelas; adanya gerakan-gerakan kecil dari janin.
|
4 bulan
(16 minggu)
|
Detak
jantung sudah dapat dirasakan; terbentuknya tulang-tulang di seluruh tubuh;
kulit berkembang sepenuhnya; sudah dapat ditentukan jenis kelaminnya;
munculnya alis, bulu mata, dan rambut kepala; gerakan janin meningkat.
|
9,5 bulan
(38 minggu)
|
Sejak minggu ke-16 sampai saat kelahiran terjadi
akumulasi lemak di bawah kulit; menjelang minggu ke-22 janin mulai membuka
matanya; gerakan-gerakan janin dirasakan oleh ibunya, terjadi kenaikan gerak
badan yang sangat cepat; pada bulan ke-7 posisi kepala ke bawah sebagai
persiapan untuk kelahiran.
|
II.
Pertumbuhan dan perkembangan setelah lahir
A. Pertumbuhan dan Perkembangan Balita
1. Ciri-ciri fisik
Usia
|
Pertumbuhan
|
Perkembangan
|
||
Tinggi
Badan
|
Berat
Badan
|
Motorik
|
Kognitif
|
|
0–3
bulan
|
45–65
cm
|
3–5
kg
|
Menggerakkan beberapa bagian
tubuh seperti tangan, kepala, dan mulai belajar
memiringkan tubuh.
|
Mulai mengenal suara, bentuk benda dan warna.
|
6–9 bulan
|
64- 70 cm
|
7–9 kg
|
Dapat menegakkan kepala, belajar tengkurap sampai
dengan duduk (pada usia 8 – 9 bulan), dan memainkan ibu jari kaki.
|
Mengoceh, sudah mengenal wajah
seseorang, bisa membedakan
suara, belajar makan dan mengunyah
|
12–18 bulan
|
74–81 cm
|
10–11 kg
|
Belajar berjalan dan berlari,
mulai
bermain, dan koordinasi
mata semakin baik.
|
Mulai belajar berbicara, mempunyai
ketertarikan terhadap jenis-jenis benda, dan mulai
muncul rasa ingin tahu.
|
2–3 tahun
|
86–96 cm
|
12–15 kg
|
Sudah pandai berlari, berolahraga, dan dapat
meloncat
|
Keterampilan tangan mulai membaik,
pada usia 3 tahun belajar menggunting kertas, belajar
menyanyi, dan membuat coretan
sederhana.
|
4–5 tahun
|
100–120 cm
|
16–22 kg
|
Dapat berdiri pada satu kaki,
mulai dapat menari, melakukan
gerakan olah tubuh, keseimbangan
tubuh mulai membaik.
|
Mulai belajar membaca, berhitung,
menggambar, mewarnai, dan merangkai
kalimat dengan baik.
|
|
2. Ciri-ciri Psikologis
Usia
|
Ciri-ciri Psikologis Balita (bawah lima tahun)
|
0-5
tahun
|
Mulai
mengenal lingkungan. Membutuhkan perhatian khusus dari orang tua. Senang bermain. Bersifat
kekanak-kanakan (manja). Cenderung keras kepala. Suka menolak perintah.
Membutuhkan zat gizi yang banyak. Hormon pertumbuhan dihasilkan secara
meningkat.
|
B. Pertumbuhan dan Perkembangan masa anak-anak
1. Ciri-ciri fisik
Usia
|
Pertumbuhan
|
Perkembangan
|
||
Tinggi
Badan
|
Berat
Badan
|
Motorik
|
Kognitif
|
|
6–8 tahun
|
120–130 cm
|
21–27 kg
|
Mampu meloncati tali setinggi 25 cm, belajar naik
sepeda.
|
Menggambar dengan bentuk
proporsional,
memakai dan mengancingkan
baju, menulis, lancar
membaca, tangkas dalam berhitung, belajar bahasa asing, belajar memainkan
alat musik.
|
9–10 tahun
|
131–145 cm
|
28–33 kg
|
Melakukan olah raga
permainan seperti bulutangkis, sepak bola, tangkas bersepeda.
|
Pandai menyanyi, mampu
membuat sebuah karangan, Menyerap
pelajaran dengan optimal, mulai
belajar berdiskusi dan mengemukakan
pendapat.
|
11–12 tahun
|
145–152 cm
|
33–39 kg
|
Melompat tali sampai di atas
50 cm, meloncat sejauh lebih dari 1 meter,
terampil dalam menggunakan
peralatan.
|
Konsentrasi belajar meningkat, mulai belajar bertanggung jawab, senang
berpetualang dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar.
|
2. Ciri-ciri Psikologis
Usia
|
Ciri-ciri Psikologis
|
6 –
12 tahun
|
Gigi
susu mulai tanggal dan gigi permanen mulai tumbuh. Pertumbuhan jiwanya
relatif stabil. Daya ingat kuat, mematuhi segala perintah gurunya. Mudah
menghafal tetapi juga mudah melupakan. Sifat keras kepala mulai berkurang dan
lebih dapat menerima, pengertian karena kemampuan logikanya mulai berkembang.
|
C. Pertumbuhan dan Perkembangan masa remaja (puber)
1. Ciri-ciri fisik
Perbedaan
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Usia
|
11 –
16 tahun
|
10 –
15 tahun
|
Ciri
khusus
|
Terjadi
mimpi basah
|
Mengalami
menstruasi
|
Ciri
– ciri kelamin sekunder
|
tumbuhnya kumis dan jambang,
tumbuhnya rambut di ketiak dan
di sekitar alat kelamin, serta dada menjadi lebih
bidang.
|
payudara
tumbuh membesar, tumbuhnya rambut di ketiak dan di sekitar alat kelamin,
serta membesarnya pinggul.
|
2. Ciri-ciri Psikologis
Usia
|
Ciri-ciri Psikologis
|
Kurang
lebih usia 10 – 17 tahun
|
Mulai
memperhatikan penampilan. Mudah cemas dan bingung bila adanya perubahan psikis.
Tidak mau dibatasi aktivitasnya. Mulai memilih teman yang cocok. Tidak mau
diperlakukan seperti anak kecil. Selalu ingin mencoba hal-hal baru. Senang
meniru idola atau berkhayal. Mulai bersikap kritis. Mulai ada perubahan
bentuk fisik. Mulai menghasilkan hormon reproduksi. Alat kelamin mulai
berkembang. Hormon pertumbuhan masih terus dihasilkan.
|
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Dari pembahasan di
atas, dapat disimpulkan bahwa Pertumbuhan (growth) merupakan peningkatan jumlah
dan besar sel diseluruh bagian tubuh selama sel-sel tersebut membelah diri dan
menyintesis protein-protein baru. Menghasilkan penambahan jumlah berat secara
keseluruhan atau sebagian. Dan Perkembangan (development), adalah perubahan
secara berangsur-angsur dan bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh, meningkat
dan meluasnya kapasitas seseorang melalui pertumbuhan, kematangan, atau
kedewasaan, dan pembelajaran. (wong, 2000).
.
3.2 SARAN
Adapun saran-saran dalam penulisan
makalah ini adalah :
Ø Dapat
meningkatkan wawasan tentang pertumbuhan dan perkembangan masa konsepsi sampai
remaja.
DAFTAR
PUSTAKA
Hidayat, A.Aziz Alimul,
2006, Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia
Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika.
http://semi-yanto.blogspot.com/2011/07/pertumbuhan-dan-perkembangan-manusia.html
Soetjiningsih, SpAk, 1995, Tumbuh Kembang Anak,
Jakarta: EGC.
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
=MY IDENTITY=
:: MY IDENTITY ::
TTL : Bangkinag ,, 05 Agustus 1994
hobby : Nonton ,, menggambar ,, menghayal :D
.........♥ ......♥ ....♥ ......♥............. ..........♥......... ..............♥..... ...................♥ ................♥... ..............♥..... .............♥ ...........♥ ..........♥ .........♥ .........♥ ..........♥ ..............♥ ...................♥ .................... .................... .................... .................... .................... .................... ..................♥ .............♥ .....♥ ...♥ .♥.................. ♥................... .♥.................. ..♥................. ...♥................ .....♥.............. ........♥........... ...........♥........ ..............♥..... ..................♥. .................... .................... |
Pengikut
DolVNie
Wooww..
"Pengetahuan yang benar tidak diukur dari seberapa banyak Anda menghafal dan seberapa banyak yang mampu Anda jelaskan, melainkan, pengetahuan yang benar adalah ekspresi kesalehan (melindungi diri dari apa yang Allah larang dan bertindak atas apa yang Allah amanatkan) - diriwayatkan oleh Abu Na'im
IMAGES
MOTIVASI
Belajar adalah hasil dari mendengarkan, yang pada gilirannya menyebabkan pendengaran dan perhatian lebih baik kepada orang lain. Dengan kata lain, untuk belajar dari anak, kita harus memiliki empati, dan empati tumbuh saat kita belajar. (Alice Miller)
MEE
:: MY IDENTITY ::
Nama : Hafiko Andresni
TTL : Bangkinag ,, 05 Agustus 1994
hobby : Nonton ,, menggambar ,, menghayal :D
TTL : Bangkinag ,, 05 Agustus 1994
hobby : Nonton ,, menggambar ,, menghayal :D
.........♥ ......♥ ....♥ ......♥............. ..........♥......... ..............♥..... ...................♥ ................♥... ..............♥..... .............♥ ...........♥ ..........♥ .........♥ .........♥ ..........♥ ..............♥ ...................♥ .................... .................... .................... .................... .................... .................... ..................♥ .............♥ .....♥ ...♥ .♥.................. ♥................... .♥.................. ..♥................. ...♥................ .....♥.............. ........♥........... ...........♥........ ..............♥..... ..................♥. .................... |
PENGUNJUNG
free music at divine-music.info
3 komentar :
Permisi ikut numpang copy....
Terima kasih...
Casinos in San Francisco - MapyRO
The closest 김제 출장안마 casino to San Francisco 삼척 출장안마 is M 나주 출장마사지 Resort Southern California and Harrah's Hotel 울산광역 출장안마 and Casino. The area's 6,700 room hotel is the ideal location 양주 출장안마 to visit for
Posting Komentar